Tips Praktis Mengemas Koper (Packing)

 0

Mengemas koper adalah bagian kegiatan yang tak terpisahkan jika anda akan bepergian/ travelling. Tapi alangkah lebih baik jika barang-barang yang ingin anda bawa disesuaikan dengan kebutuhan, seberapa jauh anda melakukan perjalanan, berapa lama anda melakukan perjalanan, berapa orang yang akan melakukan perjalanan, dan lain-lain. Dengan cara ini anda akan menghemat tenaga dan memperingkas barang bawaan. Apalagi jika anda bepergian menggunakan transportasi udara (pesawat), walau bagasi gratis tapi kalau melebihi batas yang ditentukan nantinya akan dipungut biaya tambahan.

mengemas-tas-koper

Tas ransel juga jangan dilupakan jika anda ingin bepergian jauh. Dibandingkan dengan koper, tas ransel lebih simpel dan mudah dibawa. Tas ransel sangat berguna untuk menyimpan barang-barang penting dan berharga misal laptop, dompet, paspor, dan lain-lain. Jangan sampai anda meninggalkan barang-barang penting di bagasi pesawat.

Berikut akan kami sampaikan tips mengemas koper anda.

1. Persiapkan dulu barang-barang yang akan anda bawa dan taruh di dekat koper anda sebelum dimasukkan. Pastikan barang-barang berat/ besar di taruh di bagian paling bawah

2. Pakaian yang anda bawa alangkah baiknya dimasukkan dengan posisi digulung untuk menghindari pakaian jadi kusut. Sebelum pakaian dimasukkan di dalam koper, terlebih dahulu dibungkus dengan Vacuum Bag. Vacuum Bag adalah sebuah plastik yang memiliki seal udara. Vacuum Bag memiliki beberapa ukuran, kami sarankan untuk menggunakan yang ukuran S atau M saja. Contoh Vacuum Bag bisa anda lihat gambar di bawah ini.

contoh-vacuum-bag

3. Setelah pakaian dimasukkan, disusul dengan barang-barang yang tidak mudah kusut taruh di atas pakaian. Hal ini juga akan membantu melindungi pakaian di bawahnya.

4. Setelah koper terisi penuh pastinya ada celah sedikit yang bisa anda manfaatkan untuk menaruh barang-barang ukuran kecil, misal ikat pinggang, sisir, parfum, dan lainnya.

5. Siapkan juga perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, dan lain-lain. Sebelum dimasukkan pastikan barang-barang ini sudah dibungkus dengan plastik.

6. Jika anda membawa obat-obatan, pastikan menaruh obat-obatan ini di tempat yang mudah dicari.

7. Sediakan plastik cadangan untuk memisahkan antara pakaian bersih dengan pakaian kotor, atau anda bisa menggunakan Vacuum Bag tadi.

8. Alangkah lebih baik anda mencatat semua barang bawaan, agar nanti setelah pulang atau mau pulang dari perjalanan anda bisa ngecek barang-barang mana yang kurang, hal ini juga untuk menghindari barang-barang tertinggal di tempat perjalanan.

Demikian 8 tips dari kami untuk mengemas koper anda. Sekali lagi barang-barang yang sekiranya berharga jangan pernah ditaruh di dalam bagasi pesawat, bawa saja barang tersebut di dalam kabin pesawat bersama anda.

Related Posts

Leave a Reply